Tokopedia.com merupakan salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Sejak diluncurkan hingga akhir tahun 2015, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan oleh semua orang secara gratis.
Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet", Tokopdeia memiliki program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Sejarah Tokopedia
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 dibawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh Willian Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbunhan yang sehat pesat.
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapat duntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010),dll. Hingga pada akhir Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai peruahaan teknologi pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequioa Capital dan Softbank Internet and Media Inc.
Jenis produk yang ditawarkan di Tokopedia yaitu :
- pakaian
- aksesories
- kecantikan
- kesehatan
- rumah tangga
- perawatan bayi
- handphone dan tablet
- laptop dan aksesories
- komputer dan aksesories
- kamera,foto dan video
- otomotif
- olahraga
- office dan stationery
- souvenir,kado dan hadiah
- mainan
- buku
- film,musik dan game
- dll
Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pada e commerce untuk prngiriman barang :
1. Jarak
Jarak mempengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengantarkan paket,hal ini tergantung dari lokasi alamat tujuan paket. Semakin jauh tujuan paket yang akan dikirimkan, semakin mahal pula ongkos kirimnya
2. Waktu
Waktu disini berkaitan dengan lamanya suatu paket sampai ke tempat tujuan,tergantung jenis paket pengiriman yang dipilih oleh pelanggan. Misalnya ada paket pengiriman jenis reguler yang dimana batas maksimal paket sampai tujuan kurang lebih 3 hari,berdea lagi dengan paket kilat dimana paket akan langsung diproses dan dikirim sesuai dengan jam kerja penyedia jasa pengiriman (paling cepat 1 hari)
3. Berat
Berat barang mempengaruhi kepada ongkos kirim,semakin berat barang semakin tinggi pula ongkos kirimnya. misalnya jika ongkos kirim ke suatu tempat ditetapkan Rp 5ribu/kg, dan kita akan mengirim paket sebesar 5kg maka ongkos kirim yang harus dibayar adalah (5 x Rp 5 ribu) Rp 25ribu
4. Volume
Mengenai ukuran besar kecilnya barang, ukuran paket yang besar akan memakan tempat yang cukup banyak dan resikonya lebih besar. Perhitungan tarif volumetrik adalah panjang kali lebar kali tinggi lalu dibagi tarif per kg.
5. Asuransi
Terhadap barang yang dikirim kepada konsumen, biasany penyedia jasa kiriman memberikan tawaran berupa asuransi untuk melindungi barang konsumen dengan catatan akan memakan biaya tambahan
6. Policy
Mengenai ketentuan atau aturan pada penyedia jasa terhadap barang yang akan dikirim oleh konsumen,Hal ini akan mempengaruhi tingkat harga yang ditetapkan oleh penyedia jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar